Rabu, 22 Januari 2014

COS, Sistem Operasi Buatan China

Negeri Tirai Bambu memang sudah tidak diragukan lagi dalam hal perkembangan negaranya. Setelah mendepak Google dan membuat mesin pencari sendiri, lalu mendepak Facebook dan membuat jejaring social sendiri, kini China membuat sesuatu yang mungkin akan menjadi pesaing berat Android dan iOS karena negara dengan penduduk 1 miliar ini akan membuat Operating System sendiri.

China memang dikenal sebagai negara yang sangat sering membuat produk sendiri. Entah itu dari sisi teknologi atau lainnya. Menjamurnya ponsel buatan China adalah bukti bahwa China memang tidak mudah diekspansi begitu saja oleh produk luar. China memang pasar yang bagus untuk ponsel, dan perangkat teknologi lainnya, karena penduduknya yang luar biasa banyak.

Menilik sistem operasi buatan China, COS (China Operating System), sepertinya akan banyak yang mengira bahwa China akan meng-copy produk lain. Dan benar, sistem buatan China konon katanya mirip sekali dengan Android, dari segi tampilan maupun source kodenya, seperti yang dikatakan byxu.

"Namanya seharusya Copy Other System. Ini bukan open source, mereka (tim pengembang COS-red) pasti takut bahwa orang lain akhirnya bakal melihat bahwa kode sumbernya adalah sama seperti Android," tulis byxu, salah satu pengguna Sina Weibo.

Namun, menurut tim pendiri COS sistem operasinya lebih aman dibandingkan Android maupun iOS.

"Sistem operasi open source yang ada menimbulkan risiko keamanan, dan sistem buatan luar negeri kesulitan beradaptasi di Cina (dengan bahasa yang berbeda), masalah itulah yang diperbaiki di COS," tulis Chinese Academy of Sciences dalam salah satu artikelnya seperti dilansir Times.

Walaupun begitu, aksi contek ini diperkuat dengan video demo COS yang menggunakan platform HTC Butterfly S, yang notabennya adalah ponsel android. Sehingga dikatakan tak perlu banyak penyesuainnya di dalamnya.

Pun begitu, seperti HobiGadget.Biz kutip dari Ars Technica, Kamis (23/1/2014), operator seluler China Mobile dan China Telecom dilaporkan tengah menguji perangkat bersistem operasi COS.

Tidak ada komentar

Posting Komentar